Rencakan 9 Perusahaan Akan Masuk Di KIPI

  • citakaltara.2020
  • Jumat, 03 Desember 2021 12:20
  • 47 Lihat
  • Info Kaltara

CK.CitaKaltara.Com  03 Desember 2021

Info Kaltara

TANJUNG SELOR – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan melakukan kunjungan ke Kalimantan Utara (Kaltara), Kamis (2/12/2021). Lawatan ini dalam rangka memastikan persiapan menjelang kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka groundbreaking Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning – Mangkupadi.

Luhut menghadiri langsung rapat koordinasi bersama Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang dan Wakil Gubernur Yansen TP, Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris, Bupati Bulungan Syarwani serta sejumlah pejabat lainnya.

Usai melakukan pertemuan di Gedung Gabungan Dinas Pemprov Kaltara, Menko Luhut meninjau langsung lokasi KIPI di Kecamatan Tanjung Palas Timur Kabupaten Bulungan. Kepada media, dia mengungkapkan, bahwa investasi besar akan masuk di wilayah proyek kawasan industri hijau tersebut.

Sejumlah investor penanaman modal asing diketahui melirik kawasan industri tersebut. “Nanti ada sembilan perusahaan dari mancanegara yang akan investasi di sana (KIPI). Pak Gubernur, Pak Zainal,  Bupati Bulungan juga sudah tahu. Perencanaan sudah jalan,” katanya.

Hasil dari kunjungannya itu, akan langsung ia laporkan kepada Presiden Jokowi. Purnawirawan jenderal bintang empat TNI AD itu  mengaku optimis proyek tersebut akan berjalan dalam waktu dekat. Termasuk masalah lahan, juga menurutnya sudah tidak ada kendala. “Saya kira (lahan) tidak ada permasalahan,” sebutnya.

Adapun untuk tenaga kerja, LBP juga mengemukakan dapat memberdayakan masyarakat di Kaltara. Bahkan, pemerintah bisa membangun sekolah tinggi yang sesuai dengan kebutuhan kawasan industri beberapa tahun ke depan.

“Kita akan bikin nanti sekolah tinggi di sini, supaya dalam 15 sampai 20 tahun ke depan, kemungkinan dari pada proyek ini banyak dikuasai anak-anak Kaltara,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Zainal A Paliwang mengatakan, kedatangan Menko Marves bersama dengan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil merupakan pertanda keseriusan pemerintah pusat terhadap proyek KIPI. Dia berharap, jelang kedatangan Presiden untuk groundbreaking, persiapan sudah lebih matang.

“Kita terus mendukung supaya proyek besar yang ada di Kaltara ini bisa berjalan. Apalagi nantinya Pak Presiden langsung yang akan datang (groundbreaking),” ujar gubernur.

sumber : relasi media

 

Komentar

0 Komentar