Kabupaten Tana Tidung Paling Rawan Gempa, Begini Penjelasan BMKG

  • Administrator
  • Minggu, 05 September 2021 22:16
  • 42 Lihat
  • Berita Utama

Ck.CitaKaltara.Com   05 Sep 2021

Berita Utama,KTT,Tarakan

TARAKAN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Tarakan mencatat Kabupaten Tana Tidung (KTT) merupakan salah satu wilayah rawan gempa di Kaltara.

Diterangkan Kepala BMKG Tarakan, Muhammad Sulam Khilmi sejak Februari hingga Agustus 2021 total gempa menggucang Kaltara sebanyak lima kali.

“Sesuai catatan kami dalam bulan Februari hingga Agustus sudah lima kali gempa termasuk yang terakhir sore-sore waktu itu,” ujarnya, Minggu (5/9/2021).

Meski hanya berskala kecil, ia menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap berhati-hati.

Dalam riwayat sejarah, Khilmi menuturkan kepada Awak Media, untuk Kota Tarakan sendiri pernah diguncang gempa berkekuatan 7.0 skala ritcher dan disusul 6.8 yang sempat berpotensi tsunami.

“Tarakan pernah diguncang 7.0 ya dan 6.8 itu berpotensi tsunami dan menimbulkan kerusakan parah pada waktu itu,” tuturnya.

Ia menjelaskan, gempa terjadi akibat adanya pergesekan antara lempeng-lempeng pada dasar bumi.

Lanjutnya, untuk Kaltara sendiri daerah yang sangat rawan terjadi gempa ialah Kabupaten Tana Tidung.

Berdasarkan penelitian para ahli gempa, hal ini diakibatkan susunan tanah yang ada di KTT memiliki susunan yang tidak stabil diantara kabupaten kota lainnya.

Bahkan pada saat kejadian gempa tahun 2015, KTT mengalami kerusakan bangunan yang paling parah.

“Kita bicara yang paling tunggu potensinya itu KTT, menurut peneliti susunan tanah di sana paling tidak stabil,” tutupnya

Komentar

0 Komentar