Kontingen KALTARA berhasil meraih peringkat 6 Nasional pada Penutupan Swayamvara Tripitaka Gatha (STG) XI, Tahun 2023

  • citakaltara.2020
  • Senin, 06 November 2023 00:22
  • 60 Lihat
  • Info Kaltara

MAGELANG – CK,  Perjuangan gigih bagi kontingen Kaltara pada ajang STG-XI di Magelang Tahun 2023 menghasilkan Juara 1 Lomba Seni Kaligrafi Buddhis,

Juara Harapan 1 Lomba Dhammadesana Bahasa Mandarin dan Juara 1 Lomba Barongsai Tradisional Lantai,  yang ditutup  secara resmi oleh Direktur Jendral Bimas Budha Kementerian Agama  Republik Indonesia di Tribakti Convention Hall Magelang, 4 November 2023.

Pembimas Agama Budha Provinsi Kalimantan Utara, Sugiyo, S.Ag. yang turut mendampingi langsung Ketua Kontingen Kalimantan Utara, Effendy Gunardi, SE.

menyatakan bahwa  menang bukan segalanya, tapi upaya dan usaha yang telah dilakukan seluruh kontingen tetap membuahkan hasil demi mengharumkan nama baik Kaltara di kancah Nasional.

Provinsi Kaltara masuk urutan ke-6 dari 33 Provinsi yang ambil bagian pada ajang STG-XI  kali ini dengan membawa pulang predikat Juara 1 Lomba Seni Kaligrafi Buddhis atas nama sdri.Shanty

Juara Harapan 1 Lomba Dhammadesana Bahasa Mandarin oleh sdri.Halfini atas bimbingan Romo Sutiyono, S.Ag.

dan Juara 1 Lomba Barongsai Tradisional Lantai, yang diketuai langsung oleh Ferdy dimana barongsai ini adalah lomba yang memang menjadi andalan Kalimantan Utara, yang pada STG X 2017 lalu hanya meraih juara 3 akibat kesalahan kecil kala itu, tapi kini telah membuktikan memang seorang Juara untuk Kalimantan Utara tercinta. Ini sesuatu yang patut disyukuri, dan memotivasi bagi semua untuk terus berlatih dengan giat,  sehingga pada kesempatan yang akan datang bisa lebih baik lagi. 

Effendy Gunardi juga sangat mengapresiasi pada semua kontingen dan official yang tetap semangat, tetap bersuka cita serta kompak sampai dengan Penutupan malam ini, dan harapnya semua kontingen dapat  kembali ke Kalimantan Utara dengan aman dan selamat sampai tujuan, serta terus menjaga kebersamaan bagi sesama umat Buddha khususnya, dan semua umat di Provinsi Kalimantan Utara untuk mewujudkan Kaltara yang damai dan sejahtera menuju Indonesia yang maju.

Direktur Jendaral Bimas Budha Drs. Supriyadi, M.Pd dalam sambutannya saat menutup acara STG ke-11 Tahun 2023, mengucapkan selamat kepada semua pemenang dan bagi yang belum berhasil agar terus berusaha dan berlatih sehingga  pada kesempatan yang akan datang dapat meraih juara, Ia juga  mengingatkan kepada semua peserta jangan melupakan persahabatan antar sesama,  serta  event ini akan terus dilaksanakan secara berkesinambungan untuk  meningkatkan  kualitas penghayatan  ajaran agama yang diyakininya. 

Pada bagian penutup sambutannya sambutanya Supriyadi mengingatkan tiga hal penting bagi para umat Buddha di Indonesia yaitu,  pertama pembinaan Spiritual harus benar-benar ditanamkan dalam kedalaman ajaran, bukan untuk indoktrinasi umat  guna  menjaga kedamaian menghadapi dan menjelang  peralihan kepemimipinan nasional, Kedua para Pemuka agama agar terus konsisten dan konsekwen atas  jabatan yang diembannya  untuk terus  menjadi teladan bagi umatnya, dan yang ketiga berharap bagi semua untuk  mengaktualisasikankan keyakinan seiring dengan perkembangan zaman terutama bagi generasi muda. Dan  juga memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi  pada LPTG Nasional, LPTG Provinsi serta semua Stakeholder yang telah mendukung ajang STG ke-11 Tahun 2023 tandasnya.

STG-XI Tahun 2023 dilaksanakan di Magelang dengan tema besar,  “Meningkatakan  Kebersamaan dan Sinergitas Umat Budha untuk Indonesia Maju’,  diikuti oleh 33  Provinsi se- Indonesia dengan Jumlah seluruh kontingen lebih dari 1.200 orang,  memperebutkan  Piala Presiden yang teridiri dari 14 macam lomba, dan untuk Provinsi Kalimantan Utara mengirimkan 45 Peserta kontingen dengan mengikuti 9 macam lomba. Tak lupa Effendy Gunardi menyampaikan terima kasih setinggi tingginya kepada Gubernur Drs.Zainal A.Paliwang, SH.,M.Hum dan Wakil Gubernur Dr.Yansen TP.Msi beserta jajarannya, kabirokesra Kaltara, Bimas Budha Kaltara, Ketua LPTG Kaltara Bapak Hiang Adhi Chandra beserta jajarannya, Ketua Ketua Majelis Budha se Kaltara, Permabudhi Kaltara, seluruh umat dan masyarakat Kalimantan Utara atas Doa dan dukungan, baik moril juga materil kepada kami untuk berjuang mengharumkan nama baik Provinsi Kalimantan Utara di kancah Nasional kami akan berjuang lebih baik lagi STG XII tahun 2026 kedepan. Tutup Effendy Gunardi, SE.

Komentar

0 Komentar