Kuatkan Pengembangan BIPA di Prancis, "KBRI Paris adakan Pelatihan Calon Pengajar"

  • Administrator
  • Sabtu, 06 Maret 2021 10:24
  • 46 Lihat
  • Nasional

Ck,CitaKaltara.com  06 Maret 2021

Nasional

Paris, Ck.com — Pelatihan Calon Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) yang diadakan oleh KBRI Paris digelar untuk pertama kalinya tahun ini secara daring. Kondisi pandemi COVID-19 serta pembatasan jam malam di Prancis tidak membatasi pengajar BIPA untuk mengikuti pelatihan ini.

Pada hari Rabu, 3 Maret 2021, pelatihan Calon Pengajar BIPA dibuka oleh Duta Besar KBRI Paris, H.E. Arrmanatha C Nasir. Dalam sambutannya, Dubes Tata, panggilan akrab Dubes RI Paris ini, mengatakan bahwa Bahasa Indonesia tidak hanya sebagai pemersatu bangsa tetapi juga telah menjadi minat dan perhatian masyarakat internasional, termasuk masyarakat Prancis

“Pengajar BIPA memiliki peran sentral dan secara otomatis telah melakukan diplomasi langsung, yaitu mewakili dan mempromosikan tentang Indonesia kepada masyarakat Prancis,” terang Dubes Tata.

Domisili peserta tersebar di kota-kota di Prancis, seperti Paris, Grenoble, dan Nice. Profesi calon pengajar pun bermacam-macam, mulai dari mahasiswa tingkat master atau doktor, penulis, dosen dan karyawan. Materi pelatihan terbagai menjadi dua bagian, pembekalan teori dan praktik mengajar.

Melihat antuasiasme peserta kelas BIPA yang diselenggarakan pada bulan Oktober lalu, serta berdasarkan hasil evaluasi tahun lalu, pelaksanaan kelas daring membutuhkan adaptasi baik bagi peserta maupun pengajar. Oleh karena itu, melalui pelatihan ini, diharapkan dapat memberikan kemampuan kepada calon pengajar untuk dapat mengajar BIPA dengan baik

Komentar

0 Komentar