Pasien Covid-19 Meninggal Dunia di Malinau Dominan Lansia dan Punya Penyakit Bawaan

  • Administrator
  • Sabtu, 11 September 2021 18:52
  • 36 Lihat
  • Info Kaltara

Ck.CitaKaltara.Com   11 Sep 2021

Info kaltara,Malinau

MALINAU – Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Malinau kembali menerima tambahan pasien meninggal akibat Covid-19. Dengan adanya penambahan ini, Satgas Covid-19 mencatat 85 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malinau dr. John Felix Rundupadang mengatakan, penambahan yang terjadi saat ini merupakan dampak dari belum stabilnya kondisi pandemik di beberapa wilayah yang ada di Malinau.

“Beberapa wilayah kita sebenarnya masih ada yang zona merah dan kondisi inilah yang sangat rawat, khususnya bagi masyarakat Lansia dan masyarakat yang memiliki riwayat penyakit bawaan,” kata John, Sabtu (11/09/2021).

John menerangkan, dari 85 korban meninggal akibat terkonfirmasi Covid-19, semuanya hampir didominasi dengan lansia dan pasien yang memiliki riwayat penyakit bawaan.

“Ada beberapa yang tidak termasuk kategori itu, artinya murni akibat Covid-19, tapi tetap masih didominasi sama lansia, karena memang rawan. Apalagi jika lansia memiliki penyakit bawaan,” terangnya.

Dalam menentukan kondisi pasien meninggal akibat Covid-19, tim Satgas Malinau melakukan prosedur yang serius dalam hal ini.

Direktur RSUD Malinau, dr. Ni Putu Ria Citrawati,.SP, menjelaskan dalam menentukan kondisi pasien meninggal, pihaknya terlebih dahulu akan melakukan tes PCR kepada pasien, jika hasil test itu positif, maka pasien dipastikan akan dikebumikan dengan prosedur Protokol Kesehatan.

“Jika pasien itu memang mengalami gejala berat dan kita rawat di RSUD, maka kita tida perlu melakukan tes PCR lagi, karena si pasien memang rawatan sakit Covid-19,” jelasnya lagi.

“Tapi kalau pasien itu sudah sembuh atau baru pulang dari rawatan RSUD dan kemudian meninggal dunia maka tes PCR akan kita lakukan lagi,” tutupnya

Editor : Admin

Sumber Relasi Media

Komentar

0 Komentar