"PAN: Muncul Spekulasi "Reshuffle" Tumbangkan Nama Besar, Picu Efek Domino Politik Nasional"

  • citakaltara.2020
  • Selasa, 14 Juni 2022 19:06
  • 80 Lihat
  • Nasional

CK.CitaKaltara.Com  14 Juni 2022

POLITIK

Drajad Wibowo

JAKARTA - Isu reshuffle atau perombakan Kabinet Indonesia Maju kembali berembus jelang Rabu Pahing, 15 Juni 2022. Ketua Dewan Pakar Partai Amanat Nasional (PAN) Dradjad Wibowo mengatakan, menurut spekulasi yang beredar, ada nama besar yang bakal terdepak dari kabinet. Kabar angin menyebutkan, jika sosok itu dicopot dari kabinet, diprediksi berimbas pada perpolitikan nasional. "Spekulasi sekarang ini bahkan menyebut akan ada nama besar yang diberhentikan dari kabinet, yang mungkin akan memicu efek domino politik nasional," kata Drajad kepada Kompas.com, Senin (13/6/2022).

Seiring dengan munculnya kabar reshuffle itu, rumor bahwa PAN akan mendapat satu kursi menteri dan satu kursi wakil menteri juga kembali muncul. Selain itu, nama Ketua Umum PAN Zulkfili Hasan juga lagi-lagi disebut bakal masuk ke kabinet. Terkait ini, Drajad mengatakan, dirinya belum tahu pasti. Dia mengaku belum mendapat bocoran informasi soal reshuffle. "Jika akan terjadi sesuatu yang signifikan, saya biasanya diberi tahu langsung oleh sahabat saya, salah satu tokoh kunci di dalam tim internal Pak Jokowi," ucap Drajad. "Per hari ini sahabat tersebut belum memberi info terkait reshuffle," tuturnya.

Kendati demikian, sebagai unsur pimpinan PAN, Drajad mengaku memperhatikan dengan seksama, apakah spekulasi terkait reshuffle ini hanya rumor atau mendekati kebenaran. Apalagi, ada yang menyebutkan nama besar bakal terguling dari pemerintahan.

 

"Yang jelas, Bang Zul (Zulkifli Hasan) dan seluruh jajaran PAN selalu siap dan selalu mengabdi bagi bangsa dan negara, baik di dalam ataupun luar kabinet," kata dia. Adapun kabar reshuffle Kabinet Indonesia Maju berulang kali mencuat sejak PAN bergabung dengan pemerintahan Jokowi akhir Agustus 2021. Namun, hingga kini, belum ada satu pun kader PAN yang diberi kursi menteri

Sempat beredar kabar bahwa Jokowi akan mengumumkan reshuffle pada pertengahan Juni ini. Namun, hal itu telah dibantah presiden. "Belum, belum (belum reshuffle)," katanya usai meresmikan masjid At Taufik di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (8/6/2022) sore. Saat ditanya lebih lanjut apakah reshuffle tetap akan dilaksanakan dalam waktu dekat, Jokowi tidak menjawab.

Sumber : Kompas
 

Komentar

0 Komentar