Dorong Peningkatan Produksi Pangan

  • citakaltara.2020
  • Selasa, 17 September 2024 13:49
  • 46 Lihat
  • Info Kaltara

PENINGKATAN PRODUKSI : Gubernur Kaltara, Dr. H. Zainal A. Paliwang, SH, M.Hum meninjau lahan produksi pertanian di Desa Tanjung Aru, Senin (16/9). 

SEBATIK – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Dr. H. Zainal A. Paliwang, SH, M.Hum, resmi mengukuhkan Pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kaltara periode 2024–2029.

Acara pengukuhan tersebut digelar di Desa Tanjung Aru, Sebatik Timur, Senin (16/9). Dalam sambutannya, Gubernur memberikan selamat kepada pengurus baru yang terpilih dalam Rembug Paripurna KTNA yang dilaksanakan pada 5 September 2024 di Tarakan. Ia menegaskan pentingnya peran KTNA dalam memajukan kesejahteraan petani dan nelayan di Kaltara.

“KTNA hadir sebagai salah satu organisasi yang berperan penting dalam memajukan kesejahteraan petani dan nelayan. Saya berharap KTNA dapat terus meningkatkan kapasitas dan aktif dalam pembangunan pertanian di Kaltara,” ujar Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Zainal juga memaparkan capaian sektor pertanian di Kaltara, khususnya di Pulau Sebatik. Pada musim panen April hingga September 2024, Sebatik berhasil memproduksi 861,6 ton gabah kering giling, atau setara 13,10 persen dari total produksi padi di Kaltara yang mencapai 6.579 ton.

“Kehadiran kita di sini merupakan bukti nyata kesadaran akan pentingnya pembangunan pertanian di Kaltara, terutama di Pulau Sebatik,” tegasnya.

Gubernur juga menekankan pentingnya sinergi antara KTNA dan pemerintah untuk memajukan sektor pertanian di Kaltara. “Saya berharap KTNA dapat terus menjalin komunikasi dengan pemerintah. Kita memiliki satu tujuan yang sama, yaitu memajukan pertanian di Kaltara,” tutup Gubernur Zainal.

Turut mendampingi dalam acara ini, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kaltara, Ir. Heri Rudiyono, M.Si, yang juga menyerahkan bantuan peralatan pertanian dan bibit tanaman kepada kelompok tani di Sebatik. (dkisp)

Komentar

0 Komentar