Kunjungi Lokasi Banjir, Bupati Himbau Warga Tetap Waspada

  • Administrator
  • Selasa, 18 Mei 2021 10:57
  • 44 Lihat
  • Info Kaltara

Ck.CitaKaltara.Com   18 Mei 2021

Info Kaltara

MALINAU – Bupati Malinau Wempi W. Mawa, S.E langsung mengunjungi beberapa wilayah terdampak banjir di Malinau. Pada kunjungan ini, Wempi meminta warga tetap waspada akan banjir susulan.

“Informasi dari Camat Mentarang Hulu, ada beberapa fasilitas desa dan kecamatan yang rusak dan hanyut. Subuh tadi banjir sudah mulai terlihat meluap dibeberapa desa di Mentarang Hulu dan pagi ini air semakin berkurang,” kata Wempi.

Ada beberapa bangunan masyarakat dan barang yang dilaporkan hanyut yaitu di Desa Long Berang dan Desa Long Mekatif. Barang yang hanyut diantaranya solar 30 drum dan 4 drum solar yang sedianya digunakan untuk menyuplai ke tower telekomunikasi juga hanyut sehingga mempengaruhi komunikasi warga. Selain itu, Dermaga UPTD PKM Lung Barang juga hanyut.

“Namun kita bersyukur curah hujan sudah reda dan air sudah surut di pagi ini,” ungkapnya.

Saat ini ketiga sungai di wilayah Kecamatan Mentarang Hulu sudah mulai surut, tetapi di sekitar ibukota Kabupaten Malinau justru tergenang akibat kiriman banjir dari ketiga sungai ini.

“Khususnya untuk masyarakat di bantaran sungai yang ada di Sungai Sesayap dan Sungai Mentarang hari ini meluap tinggi. Artinya luapan air di Sungai Sesayap dan Mentarang terjadi banjir kiriman dari hulu,” jelasnya.

Sejauh ini Wempi juga masih mencari informasi dari Sungai Tubu, apakah terjadi hujan dan mengakibatkan luapan air besar atau tidak.

“Jika di sana (Sungai Tubu) banjir, maka ini menambah luapan air yang pasti mengalir ke ibukota Kabupaten Malinau, dan kondisi ini bisa berdampak kepada Kecamatan Mentarang dan Kecamatan Malinau Barat serta Malinau Kota,” ucapnya.

Karena itu, Wempi menghimbau kepada masyarakat yang ada di bantaran sungai sepanjang Sungai Mentarang termasuk Sungai Sesayap untuk selalu waspada.

“Saya yakin warga Malinau sudah memiliki pengalaman menghadapi situasi banjir, sekalipun berpengalaman tapi tetap waspada dan selalu antisipasi, terutama  anak-anak agar menjauh dari sungai karena arus sungai kencang,” ucapnya.

“Saya akan memantau terus perkembangan dan melakukan koordinasi dengan Camat dan Kepala Desa. Mari kita berdoa agar semua ini bisa segera berlalu,” tutupnya.

 

Editor     : Admin 

Komentar

0 Komentar