Peringati HUT Malinau Ke-22, Gubernur Galakkan Pengembangan Produk Lokal Daerah

  • citakaltara.2020
  • Rabu, 27 Oktober 2021 17:44
  • 39 Lihat
  • Info Kaltara

CK.CitaKaltara.Com  27 Oktober 2021

INFO KALTARA

Malinau – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Malinau ke-22, Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal A. Paliwang bersama Wakil Gubernur Yansen TP menghadiri acara Malam Syukuran di Panggung Budaya Padan Liu’ Burung, Lapangan Pro Sehat Pelangi Intimung, Kabupaten Malinau, Selasa (26/10).

Mengangkat subtema ‘Dengan Semangat HUT Kabupaten Malinau Ke-22 Tahun 2021, Kita Tingkatkan Kreativitas Nasionalis Kebangsaan Melalui Penggunaan Produk Lokal Serta Inovasi Generasi Muda Milenial Untuk Mendukung Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh di Kabupaten Malinau’, Bupati Malinau, Wempi W. Mawa ingin masyarakat Malinau bisa semakin menggiatkan potensi produk lokal yang ada di Kabupaten Malinau.

Gubernur Kaltara, Zainal A. Paliwang juga turut menyampaikan hal yang sama. Ia mengatakan bahwa tema yang diangkat oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau pada HUT ke-22 ini sangat sejalan dengan visi dan misi Gubernur yang ingin mengembangkan produk lokal daerah.

“Saya memandang tema ini sangat tepat, karena menjadi salah satu kunci dalam pemulihan ekonomi, terutama di masa pandemi Covid-19 ini,” ujarnya.

Ia pun menambahkan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara telah mengeluarkan dua Peraturan Gubernur (Pergub) yang mendukung pengembangan produk lokal khas Kaltara.

“Pemerintah Provinsi Kaltara saat ini telah mengeluarkan dua pergub, yakni pergub nomor 21 tahun 2021 dan nomor 25 tahun 2021 tentang penggunaan batik khas daerah dan pengembangan pangan lokal,” ujarnya.

Kedua Pergub tersebut lahir berlandaskan akan harapan terhadap produk lokal daerah di seluruh kab/kota yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan secara maksimal sehingga berdampak positif bagi masyarakat Kaltara khususnya dalam aspek ekonomi.

Terakhir, Gubernur juga berharap dengan umurnya yang telah mencapai dua dekade ini, Kabupaten Malinau tidak berhenti untuk terus menorehkan prestasi serta capaian yang gemilang, tetapi terus berkarya dan meningkatkan prestasi yang lebih banyak lagi.

“Kaltara adalah rumah kita, kita adalah keluarga, artinya baik pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota mempunyai tugas dan kewajiban yang sama untuk mewujudkan Kaltara berubah, maju, dan sejahtera,” pungkasnya.

Usai mendengarkan sambutan dari Gubernur Kaltara, acara dilanjutkan dengan proses pemotongan Luba’ Pesabit. Luba’ Pesabit merupakan nasi yang berasal dari berbagai suku dan terbuat dari bahan baku lokal atau beras daerah. Prosesi ini dipercaya menggambarkan masyarakat Kabupaten Malinau yang penuh dengan keberagaman dan menjadi simbol kesatuan bagi Kabupaten Malinau. (dkispkaltara)

 

 

Komentar

0 Komentar