DKISP Kaltara Tingkatkan Pengamanan Informasi Dengan Sosialisasi JKS dan Aplikasi Selection

  • citakaltara.2020
  • Rabu, 27 Oktober 2021 17:53
  • 37 Lihat
  • Info Kaltara

CK.CitaKaltara.Com  27 Oktober 2021

INFO KALTARA

Tanjung Selor – Dalam rangka pengamanan informasi di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara), Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Provinsi Kaltara melaksanakan kegiatan Sosialisasi Jaring Komunikasi Sandi (JKS) dan aplikasi selection se-Kaltara, Rabu (27/10).

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Kaltara, Suriansyah melalui Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DKISP Kaltara, H. Iskandar membuka acara Sosialisasi JKS dan aplikasi selection se-Kaltara di Hotel Grand Pangeran Khar, Tanjung Selor.

Dalam penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik baik di lingkup Pemprov Kaltara maupun Kab/Kota tidak luput dari pertukaran data dan informasi yang sangat rentan terhadap kebocoran dan penyalahgunaan, dan seringkali menimbulkan kerugian baik materiel maupun non materiel bagi pemilik data dan informasi. Dengan demikian dibutuhkan suatu pola hubungan komunikasi agar terwujud kemanan informasi.

“Semoga kegiatan ini menjadi sebuah momentum perubahan etos kerja Aparatur Sipil Negara (ASN, red) Pemprov Kaltara yang mengedepankan keamanan informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan,” ujar Plt. Kepala DKISP H. Iskandar saat membacakan sambutan Sekprov Kaltara.

Terkait dengan hal ini, salah satu cara pengamanan data dan informasi elektronik melalui aplikasi secure file karya anak bangsa dari BSSN (Badan Siber Sandi Negara, red) yaitu aplikasi selection yang berfungsi sebagai aplikasi pengaman file dokumen elektronik kedinasan dengan jaminan kerahasian, keutuhan, serta ramah pengguna (user friendly).

“Mengingat pentingnya kesadaran akan keamanan informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan, diharapkan pejabat administrator dan pengawas mampu mendorong setiap ASN  di lingkungan kerjanya memiliki kesadaran mengenai keamanan informasi ” tutupnya.

Sitti Asridah selaku Kepala Bidang (Kabid) Persandian dan Keamanan Informasi mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran keamanan informasi bagi ASN dalam penyelenggaraan pemerintahan, mengenalkan aplikasi selection sebagai penunjang pengaman data  dan informasi elektronik pada penyelenggaraan pemerintah berbasis elektronik di lingkungan Pemprov Kaltara.

“Betapa pentingnya keamana informasi dan data dalam hal bekerja, di dalam transformasi data dan informasi tentunya juga perlu kita perhatikan terkait masalah keamanan informasi dan data,” imbuhnya.

Kegiatan ini mengahadirkan narasumber dari BSSN yaitu Sutanto, Suro Martono, Asep Dodi Sudrajat, dan Lukman Denny Lazuardian.

Jumlah seluruh peserta sosialisasi sebanyak 50 orang dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dari Kabupaten/Kota di Kaltara, peserta yang hadir mengikuti sosialisasi merupakan pejabat administrator dan pengawas di lingkungan Pemprov Kaltara dan Pemerinah Kabupaten/Kota di Kaltara, dan peserta Dinas Komunikasi dan Informatika dari Kabupaten/Kota di Kaltara.(Sop/Dkispkaltara)

Komentar

0 Komentar