Dorong Perajin Muda, Lestarikan Warisan Budaya

  • citakaltara.2020
  • Rabu, 28 Agustus 2024 20:07
  • 59 Lihat
  • Info Kaltara

ABADIKAN MOMEN : Ketua Dekranasda Provinsi Kaltara, Hj Rahmawati Zainal, SH berfoto bersama pada Rakernas 2024 dan Pameran Kriyanusa Dekranas di Auditorium Sekretariat Wakil Presiden RI. 

JAKARTA - Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) kembali menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2024 dan pameran Kriyanusa yang bertujuan untuk mendorong perajin muda dalam melestarikan warisan budaya. Acara yang berlangsung pada Selasa (27/8) di Auditorium Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Hj Rahmawati Zainal, SH.

Rakernas 2024 dibuka oleh Ibu Wury Ma'ruf Amin, Ketua Umum Dekranas Pusat. Dalam sambutannya, Wury menekankan pentingnya peran Dekranasda dalam membimbing dan memotivasi perajin, terutama generasi muda, untuk berkontribusi dalam melestarikan warisan budaya melalui usaha kerajinan yang mapan.

"Dekranasda memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan bahwa kekayaan budaya yang kita miliki dapat diolah menjadi produk bernilai tinggi, yang tidak hanya bisa dipasarkan di dalam negeri tetapi juga di kancah internasional," ujar Wury.

Wury juga menyoroti potensi kekayaan budaya Indonesia yang sangat beragam sebagai sumber inspirasi bagi para perajin. Menurutnya, produk kerajinan Indonesia memiliki peluang besar untuk menembus pasar internasional, bahkan tanpa harus melalui jalur distribusi konvensional.

"Inilah yang perlu kita dorong, termasuk di Kalimantan Utara, agar karya-karya para perajin kita yang sudah diakui di Indonesia dapat semakin dikenal di mancanegara," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dekranasda Provinsi Kaltara, Hj Rahmawati Zainal, SH, menyampaikan dukungannya terhadap inisiatif ini. Rahmawati berharap agar produk-produk kerajinan dari Kaltara dapat menembus pasar global.

Dekranasda memiliki tanggung jawab besar untuk membimbing dan memotivasi para perajin, terutama generasi muda, dalam melestarikan warisan budaya melalui usaha kerajinan yang berkelanjutan. Kami berharap produk kerajinan dari Kaltara dapat menembus pasar global," ujar Rahmawati saat menyampaikan dukungannya dalam Rakernas Dekranas 2024.

Selain membahas kinerja Dekranas yang telah dan sedang berjalan pada tahun ini, Rakernas juga memaparkan rencana kerja tahun 2025 yang akan dilaksanakan oleh pengurus Dekranas periode berikutnya.

Pameran Kriyanusa 2024 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, dibuka oleh Wury Ma'ruf Amin dan akan berlangsung hingga 1 September 2024. Pameran ini menampilkan berbagai produk kerajinan dari seluruh Indonesia yang diharapkan dapat menarik minat pasar lokal dan internasional. (dkisp)

Komentar

0 Komentar