Sukses Meriahkan HUT ke-9 Kaltara, KORMI Bersiap Menuju FORNAS VI 2022 Sumsel

  • citakaltara.2020
  • Senin, 25 Oktober 2021 08:37
  • 48 Lihat
  • Olah Raga

CK.CitaKaltara.Com  25 )ktober 2021

OLAH RAGA

Sukses Meriahkan HUT ke-9 Kaltara, KORMI Bersiap Menuju FORNAS VI 2022 Sumsel

TARAKAN – Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) tuntas menyelenggarakan seluruh gelaran lomba dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-9 Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Sabtu (24/10/2021) menjadi puncak kegiatan.

Terhitung ada 17 lomba yang digelar. Di antaranya festival layang-layang, turnamen airsoft, kejuaraan tonis, lomba egrang, bakiak dan tarik tambang, kompetisi skateboard, turnamen bola sundul dan lomba domino atau gaplek.

Selain itu digelar juga festival silat budaya Indonesia, ekshibisi street soccer freestyle, festival senam poco-poco, turnamen mobile legend, kejuaraan panahan tradisional, ekshibisi mahjong, ekshibishi barongsai, lomba mancing sepanjang Sungai Kayan, ekspedisi renang dan lomba senam yameto/aki betawol. Lomba berlangsung sukses dan lancar. Hal ini tidak lepas dari dukungan induk masing-masing cabang olahraga (cabor) yang turut membantu pelaksanaan lomba.

“Kali ini kita mempercayakan induk organisasi atau cabor yang sudah bergabung di KORMI Kaltara langsung secara teknis untuk melaksanakan lomba sesuai dengan cabornya. Jadi panitia hanya mengontrol dan menyiapkan venue utama. Sejauh ini tidak ada hambatan yang berarti,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Safril kepada awak media, Minggu (24/10/2021).

Safril yang juga menjabat Kepala Sekretariat KORMI Kaltara menilai, induk cabang olahraga merasa senang turut dilibatkan mengelola perlombaan. Dengan cara itu, cabor merasa diperhatikan.  

“Teman-teman cabor sangat senang karena mereka dikasih kepercayaan untuk mengelola perlombaan-perlombaan olahraga rekreasi masyarakat yang tentunya mereka selama ini belum pernah diperhatikan seperti ini. Baru tahun ini mereka mendapat kepercayaan,” ungkapnya.

Kegiatan yang digelar KORMI Kaltara ini juga dijadikan ajang pra seleksi untuk mempersiapkan atlet-atlet Kaltara mengikuti event berskala nasional.

KORMI Kaltara berencana mengirim kontingen mengikuti Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORNAS) VI 2022 di Palembang, Sumatera Selatan.

Menurut Safril, KORMI Kaltara sudah mampu berkiprah di pesta olahraga rekreasi dan masyarakat terakbar di Tanah Air itu. Pada FORNAS V 2019 di Kalimantan Timur, kontingen Kaltara berhasil menembus peringkat 11 dari 34 provinsi.

“FORNAS kemarin kita dapat nomor urut 11 dari 34 provinsi. Yang banyak menggondol medali emas itu dari panahan tradisional,” tuturnya.

Karena itu, di momentum HUT ke-9 Provinsi Kaltara ini Safril berharap pemerintah daerah terus memberikan memperhatian kepada cabor rekreasi dan masyarakat ini karena telah mampu mengharumkan nama Kaltara di event nasional.

“Kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara sesuai dengan temanya, semoga Kalimantan Utara bisa lebih memperhatikan hal-hal yang kecil tapi sebenarnya besar dampaknya bagi masyarakat. Kami merasa bangga, senang dan bahagia, sangat luar biasa pada kali ini cabor-cabor induk organisasi yang dinaungi KORMI, diperhatikan oleh Pemprov Kaltara,” tuturnya.

Sementara itu, KORMI Kaltara juga terus mengembangkan cabang olahraga di bawah naungannya. Terbaru ada tiga cabor yang menjadi anggota. Yakni cabor cheerleader, seni tarung derajat dan mancing.

Tambahan tiga cabang olahraga itu menambah jumlah cabor di bawah naungan KORMI Kaltara menjadi 19 cabor. Sementara jumlah cabor di KORMI Pusat sekira lebih dari 60 cabor.

 

Komentar

0 Komentar