Meriahkan HUT ke-9 Kaltara, POMAIN Gelar Lomba Mahjong

  • citakaltara.2020
  • Selasa, 19 Oktober 2021 08:22
  • 63 Lihat
  • Olah Raga

CK.CitaKaltara.Com  19 Oktober 2021

OLAH RAGA

Meriahkan HUT ke-9 Kaltara, POMAIN Gelar Lomba Mahjong

TARAKAN – Mahjong turut dilombakan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-9 Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Event perdana ini menjadi ajang ekshibisi untuk memperkenalkan cabor mahjong di Bumi Benuanta.

Olaraga asah otak ini telah bergabung dalam Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kalimantan Utara (Kaltara) dengan induk organisasinya bernama Perkumpulan Olahraga Mahjong Indonesia (POMAIN).

“Kita melaksanakan eksebishi Mahjong untuk di empat kabupaten kota,” ujar Ketua POMAIN Kaltara Effendy Gunardi kepada awak media belum lama ini. 

Lomba yang akan digelar mulai 22 Oktober ini berlangsung di Kota Tarakan, Kabupaten Malinau, Bulungan dan Kabupaten Nunukan, menyesuaikan kehadiran induk organisasinya di daerah tersebut. Sementara di Kabupaten Tana Tidung (KTT) belum dibentuk induk cabang olahraganya.

Sedangkan untuk babak final akan dilangsungkan bertepatan HUT ke-9 Provinsi Kaltara pada 25 Oktober sekaligus membagian hadiah. POMAIN Kaltara menyiapkan piagam penghargaan dan uang pembinaan bagi para juara.

Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, dalam pelaksanaannya berlaku juga protokol kesehatan. Karena itu, peserta wajib menunjukkan kartu vaksin minimal sudah divaksin dosis pertama.

“Inikan kita tetap harus prokes ya. Jadi seluruh peserta diwajibkan minimal membawa kartu vaksin pertama,” tegasnya.

Effendy Gunardi menjelaskan Mahjong merupakan olahraga tradisional yang membudaya di Indonesia dan telah disahkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHAM) sebagai cabang olahraga rekreasi pada tahun 2015 serta masuk dalam anggota KORMI.

Di Kaltara, induk organisasinya baru terbentuk belum lama ini. Karena baru hadir, POMAIN Kaltara menjadikan ajang ini tidak ajang memeriahkan HUT ke-9 Provinsi Kaltara, tapi juga memperkenalkan kehadiran cabor mahjong di provinsi termuda.

“Utamanya adalah memang dalam rangkaian HUT Kalimantan Utara ke-9 pada tanggal 25 Oktober nanti. Kemudian ini menyosialisasikan bahwa POMAIN ini sudah hadir dan resmi di Kalimantan Utara, baik di provinsi dan empat kabupaten kota,” tuturnya.

Sedangkan untuk pencarian atlet, Koko Fendy- sapaan akrabnya- membeberkan pihaknya akan melakukan secara bertahap. Langkah awal adalah membentuk organisasi. Setelah itu menyusul pembinaan atlet.

POMAIN Kaltara membuka pendaftaran di setiap daerah. diTarakan melalui Sabulon (082149131888), di Bulungan melalui Sukwanto (08125403406, di Nunukan melalui Adi Wijaya (085246042900) dan Malinau melalui Didik (085203237888). (jkr)

 

Komentar

0 Komentar